Beda Warna, Beda Pula Kandungan Nutrisi dari Buah dan Sayur Ini

Dibandingkan hanya mengandalkan satu warna sayur dan buah saja, pakar gizi lebih menganjurkan Anda untuk mengonsumsi banyak warna sayur dan buah. Sebab beda warna, beda pula kandungan nutrisinya.

Menurut pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, semakin berwarna makanan yang ada di dalam piring, semakin lengkap pula kandungan gizi yang dapat diperoleh.

Metode 'eat a rainbow' yang disebutkan Jansen merupakan konsep penyajian makanan alami yang mengombinasikan berbagai macam bahan pangan berdasarkan warnanya. Warna-warna tersebut di terbagi dalam menjadi lima kategori warna, yaitu merah, ungu/biru, jingga/kuning, hijau dan putih/coklat.

 

"Setiap warna memiliki kandungan unik bernama fitokimia yang dapat melawan penyakit tertentu. Fitokimia ini memberikan buah dan sayur warna, dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia," papar Jansen dalam temu media 'Eat a Rainbow oleh Samsung Electronics Indonesia' yang diadakan di TCC Batavia, Jl KH Mas Mansyur, Senin (27/6/2016).

Disampaikan oleh Jansen, berikut 5 warna sayuran dan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi serta kandungan nutrisinya:

1. Merah
Buah atau sayuran berwarna merah karena adanya kandungan likopen. Likopen merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan menhjaga kesehatan tulang. Contohnya antara lain tomat, stroberi, ceri, semangka dan apel.

2. Ungu/biru
Pigmen tanaman ungu atau biru berupa antosianin, yang merupakan antioksidan pelindung sel dari kerusakan sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke dan penyakit jantung. Sumbernya yaitu terung, blueberry, anggur dan plum.

3. Jingga/kuning
Karotenoid memberikan warna cerah pada buah dan sayur, disebut juga sebagai betakaroten yang banyak terkandung pada ubi jalar, nanas, jeruk, belimbing, labu dan wortel. Dalam tubuh, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan lambung dan mata.

4. Hijau
Sayuran hijau mengandung berbagai fitokimia termasuk karotenoid, indoles dan saponin yang juga memiliki sifat antikanker. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli juga merupakan sumber folat yang sangat baik. Selain itu, sumbernya antara lain alpukat, apel hijau, selada, timun dan seledri.

5. Putih/cokelat
Buah dan sayur berwarna putih mengandung berbagai fitokimia seperti allicin (ditemukan pada bawang putih) yang diketahui sebagai antivirus dan antibakteri. Beberapa kelompok buah yang termasuk dalam kategori ini antara lain pisang, kentang, jamur, dan kurma.

 

https://health.detik.com/diet/d-3243880/beda-warna-beda-pula-kandungan-nutrisi-dari-buah-dan-sayur-ini

Share: