Sidak Satgas Pangan Kab. Mojokerto TA 2020 tanggal 10 Desember 2020

Satgas Pangan Kabupaten Mojokerto kembali melakukan sidak pangan kategori produk hasil pertanian di wilayah Kabupaten Mojokerto, Kamis, (10/12/2020). Tim Satgas Pangan yang terdiri dari gabungan stakeholder terkait ini berangkat dari kantor Bupati Mojokerto untuk langsung menuju sasaran sidak masing-masing.

Lokasi sidak pertama, yakni di Pabrik Gula (PG) Gempolkerep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Edi Purnomo, General Manager PT. Perkebunan Nusantara X menjelaskan, saat ini ada penurunan permintaan gula yang masuk ke pabrik. 

"Permintaan gula mengalami penurunan di tahun 2020 ini. Biasanya 5 ribu ton per hari, sekarang hanya seribu ton, itu sudah maksimal. Untuk stok, saat ini masih ada 26 ribu ton, dan mayoritas milik petani yang disimpan di pabrik," ungkapnya. 

Kendati demikian, M. Sokib, Asisten Keuangan PG Gempolkerep menegaskan, kualitas gula secara umun tidak akan mengalami penurunan hingga kurun waktu 2 tahun ke depan. "Sampai hari ini ada 4 periode penggilingan gula yang belum terjual. Namun, secara umum 2 tahun tidak berkurang kualitasnya," katanya.

Sementara itu, Petugas Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Satgas Pangan Kabupaten Mojokerto, Budi Harto berharap, menjelang perayaan Natal dan akhir tahun 2020 ini tidak ada peningkatan harga gula dari produsen. Mengingat, saat ini yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. 

"Harapannya, ketersediaan gula masih bisa sampai akhir tahun dan tidak ada kenaikan harga. Karena pandemi ini kan keadaan sulit, jadi kalau ada kenaikan harga, pasti akan lebih memberikan tekanan untuk masyarakat. Mengetahui informasi mengenai suplai dan ketersediaan gula di sini, saya kira cukup ya sampai akhir tahun," ujarnya. 

Usai melakukan sidak di PG Gempolkrep, Tim Satgas Pangan Kabupaten Mojokerto bergeser ke lokasi selanjutnya. Kali ini, Satgas Pangan menyasar tempat penggilingan beras yang ada di Kabupaten Mojokerto. Hal tersebut disampaikan Koordinator Program Bantuan Sosial (Bansos) Sembako Kementerian Sosial wilayah Kabupaten Mojokerto, Purwanti.

“Sidak kali ini juga dilakukan di tiga tempat penggilingan beras, yang berada di wilayah Kecamatan Kemlagi, Kecamatan Mojoanyar dan Kecamatan Gondang dengan tujuan menindaklanjuti pemilihan suplier bantuan sembako yang akan diberikan oleh Kementerian Sosial,” tandasnya. 

Purwanti menambahkan, kemarin pihaknya juga telah mengundang para produsen dengan membawa sampel beras dari masing-masing tempat penggilingan mereka. “Kemarin sudah bawa sampel, hari ini kita tindak lanjuti, apakah yang di tempat penggilingan sudah sesuai dengan sampel yang ditunjukkan," tambahnya.

Jika ditemukan adanya perbedaan kualitas antara sample yang diserahkan dengan hasil di lapangan, lanjut Purwanti, pihaknya bakal meminta produsen untuk meningkatkan kualitas hasil produksinya. 

"Dari hasil sidak ini, kalau ada yang tidak sama, nanti akan kita bicarakan dulu dengan para produsen, untuk meningkatkan kualitas berasnya, sebelum kita jadikan suplier dalam bansos sembako ini," pungkasnya. 

 

https://diskominfo.mojokertokab.go.id/berita/pastikan-ketersediaan-pangan-kabupaten-mojokerto-aman-satgas-pangan-kembali-gelar-sidak-1607590759

Share: